Saturday, April 6, 2013

BEING A NOMINEE

Siang ini, Sabtu 6 April 2013, aku mendapat surat dari sekolah yang berisi sebuah pemberitahuan yang menyenangkan hatiku. Kalimat awal surat ini berbunyi begini "Dear Students and Parents: The National Junior Honor Society is an organization that honors outstanding students at the middle school level. To be a member of this society, one must excel at leadership, citizenship, scholarship, character and service." Kalau mau diartikan, kalimat pertama surat ini berisi perkenalan dari organisasi yang mengirim surat padaku. Organisasi ini adalah organisasi yang memberikan penghargaan tinggi pada siswa yang dianggap memiliki prestasi bagus/hebat di SMP (Middle School). Agar bisa terpilih menjadi anggota organisasi yang bergengsi ini, siswa disyaratkan memiliki prestasi dari (1) sisi kepemimpinan, (2) dari sisi kesiswaan (bagaimana perilakuknya sebagai siswa), (3) dari sisi kemampuan akademis (mendapat beasiswa),  (4) dari sisi karakter dan (5) dari sisi service (bagaimana ia melakukan berbagai tugas dan sejenisnya). Kalimat selanjutnya berbunyi "Your first semester GPA of 3.83 satisfies the 3.80 requirement for membership consideration". Arti kalimat ini kira-kira, karena IP-ku semester lalu adalah 3.83, lebih dari IP yang disyaratkan yaitu 3.80, aku berhak dipertimbangkan sebagai anggota. Lalu bagian surat ini memintaku untuk membuat essay yang kira-kira isinya menjelaskan mengapa aku layak menjadi anggota di organisasi ini. Dalam essay aku diminta menyebutkan berbagai organisasi yang kuikuti (baik di dalam maupun luar sekolah), prestasi yang pernah kuperoleh dan alasan mengapa aku layak untuk dipilih. Essay dikumpulkan di sekolah paling lambat pertengahan April dan sesudahnya aku tinggal menunggu pengumuman. Di bagian akhir surat pemberitahuan ini, ada pemberitahuan bahwa surat ini belum menjamin aku terpilih menjadi anggota organisasi tersebut. Sudah pasti ini tidak menjadikanku berkecil hati. Yang perlu kulakukan adalah aku membuat essay sebaik-baiknya dan mengirimkannya sebelum deadline. Soal hasilnya seperti apa, biar panitia yang memutuskan. 

No comments:

Post a Comment