Sunday, May 1, 2016

CONFIRMATION DAY

Hari Minggu tanggal 1 Mei tahun 2016, aku bersama papa dan mama berangkat ke gerja di St Paul Bloomington di jam 1 siang. Hari ini akan ada kegiatan pemberian sakramen penguatan (confirmation) kepada para peserta kelas konfirmasi yang dinyatakan lulus. Sebelum menerima sakramen konfirmasi, kami, para peserta kelas konfirmasi telah mengikuti kelas konfirmasi selama 2 tahun. Saat memulai kelas ini, usiaku menjelang 14 tahun dan saat akan menerima sakramen ini, usiaku menjelang 16 tahun. Selama 2 tahun mengikuti kelas konfirmasi, ada banyak kegiatan yang kami lakukan antara lain mengikuti pelajaran di kelas secara regular dan juga menyelesaikan beberapa proyek seperti community service dan juga volunteering activity. Kelas konfirmasi dijadwalkan sebulan sekali di setiap awal bulan. Sementara, proyek lain dijadwalkan misalnya menjelang natal dan juga paskah. O iya ... Kami juga mengikuti kegiatan retret dan rekoleksi. Aku mengikuti kegiatan ini sebanyak dua kali: di tahun pertama, aku ikut retret di Nashville Indiana (http://www.campranchoframasa.org/) dan di tahun kedua aku ikut retreat di Noblesville Indiana. Kedua kegiatan ini kuikuti sebagai bagian dari program kelas konfirmasi yang yang ikuti. Setelah 2 tahun mengikuti kelas, hari ini aku dan teman-teman akan mengikuti pengukuhan di gereja sebagai bagian dari completeness program ini. Kami perlu datang 1 jam sebelum misa dimulai, karena kami perlu memastikan mengikuti kegiatan pra misa seperti: pendaftaran ulang (untuk memastikan siapa saja yang datang hari ini), pengambilan gambar bersama, pengaturan tempat duduk dan seterusnya. Dalam acara gladi bersih kemarin siang (Sabtu), aku tidak bisa datang karena ada kegiatan di sekolah yang tidak bias kutinggalkan (perlombaan biola antar tim/beregu). Tentu aku sudah meminta ijin kepada coordinator kegiatan ini bahwa aku tidak bias datang saat gladi bersih. Na ... Hari Minggu ini, aku perlu memastikan kehadiranku pada coordinator demi kelancaran acara. Kegiatan pra misa berlangsung dengan lumayan cepat dan lancer. Sebagai informasi, kami beruntung tidak harus pergi ke gereja lain karena tahun lalu kegiatan confirmation mass diadakan di Elletsville. Kok gitu? Iya ... Karena misa untuk peserta kelas konfirmasi memang tidak hanya diperuntukkan peserta dari gereja St Paul saja, melainkan dari beberapa gereja yang dekat dengan Bloomington seperti gereja di Martinsville, gereja di Nashville, gereja di Bedford dan seterusnya. Karenanya, peserta konfirmasi pun lumayan banyak jumlahnya. Dan karena venue acara sore ini diadakan di St Paul, peserta konfirmasi dari gereja lain pun yang kemudian datang kemari. Setelah semua kegiatan pra misa selesai dilakukan, misa dimulai di jam 2 tepat. Kami para peserta kelas konfirmasi duduk bersama sponsor kami masing-masing. Siapakah itu sponsor? Mereka yang ditunjuk oleh peserta konfirmasi (seperti aku) yang akan menjadi pendamping sejak kami memulai kelas hingga kami menerima sakramen konfirmasi hari ini. Siapa sponsorku? Sabrina Gordon. Siapa dia? Sabrina adalah pengajar kelas konfirmasi. Kok bisa aku memilih Sabrina? Bisa saja. Syarat pendamping atau sponsor adalah mereka yang sudah menerima sakramen konfirmasi dan mau menjadi pendamping mereka yang dimentori. Kalau bisa, jangan memilih pendamping dari kalangan keluarga sendiri (misalnya orang tuanya, kakaknya, tante atau om-nya, kakek atau nenek-nya, sepupunya, dan seterusny). Kalau nggak bias ya nggak apa apa ... Awalnya aku tidak disponsori Sabrina namun saat aku meminta Sabrina menjadi pendampingku, dia menyetujuinya. Tentu aku merasa senang sekali karena aku di-sponsori Sabrina yang kukenal dan mengenalku. Karenanya, saat acara pemanggilan peserta konfirmasi ke depan altar, Sabrina maju bersamaku dan Sabrina menyaksikanku menerima berkat dari Uskup sebagai bukti aku telah menerima sakramen konfirmasi. Misa yang berlangsung lebih lama dari biasanya ini kemudian diakhiri di jam 3.30 sore. Resepsi di dining hall gereja di basement diadakan setelah misa usai. Menu resepsi berupa cookies dan air lemon merupakan bagian dari potluck yang kami lakukan siang ini. Aku membawa 2 dozen cookies yang kemudian kukumpulkan kepada panitia sebelum acara berlangsung. Kemeriahan dan kegembiraan di ruang dining terasa sebagai bukti syukur atas diterimakannya sakramen konfirmasi. Bersama dengan teman-teman, aku menikmati cookies dan air lemon yang tersedia melimpah. O ya ... Kami juga menerima gift dalam sebuah goody bag yang ternyata berisi Kitab Suci. Goody bag ini diberikan kepada semua peserta kelas konfirmasi yang datang siang hari ini. Kira-kira jam 4 kurang sedikit, papa dan mama mengajak aku menyudahi acara ini. Papa ada acara lain di jam 4 sore dan papa tidak mau terlambat datang terlalu lama di acara ini. Segera saja kami pamitan pada Sabrina yang siang itu terlihat sibuk berjalan kesana kemari. Tak lupa, aku memberikan gift kepada Sabrina sebagai tanda terima kasih atas kesediannya menjadi sponsorku siang hari ini. Gift yang dipilihkan kedua orangtuaku ini kuharap bisa membuat Sabrina sedikit bergembira. Thanks for everything Sabrina. Now I'm confirmed. I do hope to become more mature and more responsible for all the things I will do.

No comments:

Post a Comment