Saturday, February 23, 2013

MEDALI DARI SCIENCE OLYMPIAD COMPETITION

Sabtu, 23 Februari 2013, aku bersiap berangkat ke sekolah sejak jam 5.15 pagi. Ngapain pagi-pagi ke sekolah? Hari ini tim Science Olympiad yang kuikuti akan mengikuti kompetisi sains di Universitas Butler untuk tingkat Regional. Universitas Butler berada di Indianapolis dan universitas ini selalu mengadakan lomba sains untuk SMP setiap tahunnya. Kami, para peserta kompetisi, diminta datang ke sekolah paling lambat jam 5.30, karena bus yang membawa kami akan berangkat di jam 5.45. Jarak dari sekolah ke Universitas Butler kurang lebih 75 menit. Kami juga tidak perlu membawa bekal apa pun, karena semua sudah dipersiapkan panitia (ada sponsor dari salah satu restoran di Bloomi yang menyiapkan breakfast berupa bagel, lunch berupa sandwich dan snack berupa popcorn, pretzel, chips serta permen plus minum berupa jus dan susu). Namun, mama tetap meminta aku sarapan dan membawa bekal snack serta air (untuk berjaga-jaga kalau aku lapar). Lalu siapa sajakah yang ikut dalam rombongan pagi ini? Semua anggota Science Olympiad Team di sekolahku (kurang lebih 30-an peserta) Mereka akan mengikuti berbagai kategori lomba. Sekolahku mengikutsertakan 2 tim (A dan B) untuk setiap kategori lomba. Jadi, selain bersaing dengan tim dari sekolah lain, tim sekolahku juga bersaing dengan sesama tim kiriman pihak sekolah. Semua anggota tim sudah ditunjuk dari awal. Aku merupakan anggota cadangan (alternate). Alternate biasanya diikutkan karena ada beberapa orang anggota tim yang mendapat tugas ganda. Maksudnya? Anggota tim inti ikut beberapa kompetisi. Na ... Alternate inilah yang kemudian diminta membantu tim inti apabila saat perlombaan ada beberapa kategori lomba dilakukan secara bersama-sama (tim inti harus berada di 2 mata lomba pada waktu bersamaan). Agar tidak kehilangan peluang, alternate bisa maju menggantikan tim inti. Itulah yang terjadi pada tim dimana aku menjadi cadangan. Saat lomba berlangsung, salah satu anggota tim mengikuti lomba yang lain. Jadilah aku menggantikan posisinya. Apa sih kategorinya? Menjatuhkan telor dari ketinggian tetapi telor tidak pecah. Sukseskah kami? Ya ... Kami (aku dan temanku) memperoleh second place ... Dah pasti aku happy banget ... Makanya, aku lalu mengalungkan medali ini dengan bangga. Untuk juara pertama kategori ini pun juga diraih tim dari SMP-ku ... Jadi, kami berempat yang ikut berlomba di kategori ini mendapat medali semua. Selama seharian kami berada di Universitas Butler. Sudah pasti kami senang karena ada banyak pengalaman yang kami peroleh ... Kami pun sampai kembali di sekolah sekitar pukul 7.15-an. Kulihat papa sudah menunggu. Aku pun kemudian membantu mengembalikan berbagai peralatan yang kami bawa baru kemudian pulang ke rumah. Ternyata papaku dah nunggu aku sejak jam 6.30. Lama banget kan? Hehehe ....

No comments:

Post a Comment