Tuesday, May 14, 2013

NATIONAL JUNIOR HONOR SOCIETY (NJHS) INDUCTION

Selasa malam, 14 Mei 2013, papa dan mamaku menemaniku mendatangi acara yang diadakan oleh pihak sekolah. Acara yang diberi judul "Natioal Junior Honor Society Induction" ini dihadiri oleh banyak siswa sekolahku (kelas 7 dan 8) yang kali ini datang dengan pakaian yang resmi. Dalam undangan yang diterima orangtuaku (diposkan), kami para siswa diminta mengenakan baju putih dan celana hitam serta dasi merah (untuk siswa putra) dan para siswa putri diminya mengenakan pakaian berwarna hitam atau putih. Aku dan papa sebelumnya sempat keepotan saat mencari dasi berwarna merah karena tidak semua toko yang kami datangi menjual dasi dengan warna ersebut. Akhirnya kami mendapatkan dasi berwarna merah yang kuperlukan di salah satu store. Acara ini ini sendiri disebutkan dimulai pada pukul 6 sore. Namun, para siswa diminta berkumpul di sekolah sejak pukul 5.15. Mama yang baru sampai di rumah pada pukul 5 lebih sedikit tidak sempat berganti pakaian karena aku dan papa sudah siap. Segera saja kami menuju ke sekolahku dan kami sampai sekitar jam 5 lebih 15 menit. Aku segera masuk ke ruang transit yang diperuntukkan bagi semua siswa, sementara itu papa dan mamaku langsung menuju auditorium, tempat acara diadakan. Sebenarnya apa sih national junior honor society (NJHS)? Menurut situsnya, http://www.nhs.us/tabid/2126/default.aspx; The National Honor Society (NHS) and National Junior Honor Society (NJHS) are the nation's premier organizations established to recognize outstanding high school and middle level students. More than just an honor roll, NHS and NJHS serve to honor those students who have demonstrated excellence in the areas of Scholarship, Leadership, Service, and Character (and Citizenship for NJHS). These characteristics have been associated with membership in the organization since their beginnings in 1921 and 1929. Apa itu maksudnya? NJHS ada adalah organisasi yang didirikan sejak tahun 1929 yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang dipandang memiliki prestasi, utamanya siswa yang ada di level middle school maupun high school. Untuk bisa menjadi anggota NJHS ada proses seleksinya. Waktu itu, aku mendapat offer untuk bisa dipilih dan menjadi member organisasi ini karena IPK-ku di semester I (aku kelas 7) dianggap lulus dari persyaratan IPK yang diminta yaitu 3,8. Offer ini diberikan oleh pihak sekolahku, SMP Tri-North. Sesudah mendapat surat offer ini, aku diminta membuat essay yang kemudian dikumpulkan di sekolahku untuk selanjutnya akan diajukan ke panitia/komite yang akan menyeleksi semua essay yang masuk. Setelah itu, pengumuman bahwa aku masuk ke dalam keanggotaan NJHS kuketahui dari papa dan mama yang sudah menerima surat undangan dari sekolah. Dalam surat undangan, disebutkan ucapan selamat atas terpilihnya aku sebagai anggota dari NJHS dan aku diminta datang ke sekolah untuk acara pelantikan keanggotaan NJHS ini. Maka, jadilah sore itu aku ke sekolah hehehe ... Sesampainya di sekolah, aku segera menuju ruang transit. Di ruang transit inilah aku baru tahu ada 2 macam keanggotaan NJHS. Untuk 7th grader (angkatanku), kami dilantik menjadi new member; untuk 8th grader, mereka umumnya dilantik menjadi extending member (kalau sebelumnya dah jadi member). Namun demikian, ada juga 8th grader yang menjadi new member. Kenapa begitu? Karena selama mereka masih berada di level SMP dan memiliki IPK 3,8 mereka bisa diajukan sebagai member baru NJHS ini. Menarik bukan? Acara ini sendiri dipandu oleh para guru dan juga siswa kelas 8 yang mewakili 5 karakter yang melekat pada membership NJHS ini yaitu: Scholarship, Leadership, Service, and Character and Citizenship. Acara ini dibuka dengan (1) pemanggilan anggota lama NJHS (mereka duduk di panggung) dan pemanggilan calon anggota baru yang akan dilantik (termasuk aku - kami duduk di kursi deretan depan di dalam auditorium bersama tamu undangan). Acara kemudian dilanjutkan dengan (2) pembacaan apa itu 5 karakter yang melekat dalam NJHS (diwakili 5 siswa), (3) pemanggilan dan pelantikan anggota baru (maju ke panggung dan menerima kartu), (4) pengukuhan anggota lama (maju ke panggung dan menerima sertifikat) dan (5) pemberian sambutan. Sudah pasti aku merasa bangga saat namaku dipanggil hehehe ... Bersama teman-teman lain yang hari ini resmi menjadi anggota NJHS, kami juga mengucapkan janji. Sebuah janji yang nggak mudah untuk dilakukan nampaknya hehehe ... Sesudah acara selesai, kami diundang untuk menikmati sajian ringan yang sudah disiapkan oleh pihak orangtua. Ada apa saja? Ada aneka cookies dan jus serta air putih. Bersama teman-teman aku menikmati semuanya dengan happy. Setelah selesai menikmati snack ringan ini, aku segera pulang bersama papa dan mamaku. Namun, kami nggak langsung pulang. Ada satu tempat yang kami kunjungi. Dimanakah itu? Silahkan baca postinganku berikutnya ... O ya ... Penasaran dengan janji yang kami ucapkan? Ini dia bunyinya:
I pledge myself to uphold
the high purposes
of the National Junior Honor Society
to which I have been selected;
I will be true to the principles

for which it stands;
I will be loyal to my school,
and will maintain and encourage
high standards of scholarship,
leadership, service,character,and citizenship

No comments:

Post a Comment