Monday, October 28, 2013

FUND RAISING UNTUK SMP TRI NORTH

Jum'at minggu lalu, tanggal 25 Oktober 2013, aku membawa pulang 2 dus berukuran sedang. Dua dus ini kubawa dari sekolah karena aku ikut berpartisipasi dalam program pengumpulan dana untuk sekolah. Ya ... Seperti yang kita tahu, di negara ini sangat umum siswa membantu sekolah menggalang dana melalui berbagai cara yang sudah jelas dikelola dari pihak sekolah (tidak liar). Salah satunya adalah melalui penawaran produk kepada anggota keluarga, saudara dan teman keluarga. Penawaran produk ini merupakan salaha satu cara fundraising yang sangat populer dan umum di negara ini. Para siswa mencari dana dengan menawarkan produk dan para donatur membeli produk yang mereka perlukan. Jadi, tidak umum siswa menggalang dana hanya dengan mengajukan proposal dan meminta uang. Saat sekolah membagikan katalok produk pada para siswa, aku dan teman-teman kemudian membawa pulang katalok barang tersebut. Selanjutnya kami membawa dan menunjukkan katalok tersebut kepada saudara dan teman keluarga. Umumnya barang yang ditawarkan di dalam katalok berupa makanan, namun ada juga hiasan/ornamen, pernik lain ataupun majalah. Meski sudah beberapa kali membawa pulang katalok, baru kali ini aku berpartisipasi aktif membantu fund raising untuk SMP-ku. Bersama temanku, aku menwarkan katalok ini dan menawarkan berbagai produk serta mencatat apa yang dipesan. Pesanan produk terekam dalam selembar formulir yang merinci nama pemesan, nama produk, kode produk, berapa jumlahnya dan berapa harganya. Para donatur bisa membayar di depan (sebelum barang datang) atau pun di belakang (setelah barang datang). Sebagian donatur sudah memberikan uangnya padaku dan hanya 2-3 donatur yang membayar di belakang. Memangnya aku mendapat pesanan berapa banyak? Dengan bantuan teman-teman keluarga, aku bisa mengumpulkan pesanan sebanyak 14 item. Banyak juga kan? Hehehe ... Formulir pemesanan ini kemudian kami kumpulkan di sekolah dan kami perlu menunggu 3 sampai 4 minggu sebelum pesanan datang. Na ... Saat pesanan itu datang di sekolah Jum'at kemarin, kami para siswa siap mengambil pesanan sesuai formulir yang kami kumpulkan. Karena pihak sekolah sudah mengabarkan pada orangtua (lewat email) bahwa items yang dipesan untuk fund raising akan sampai di sekolah di hari Jum'at, papa menjemputku agar aku tidak repot membawa dus ini di bis sekolah. Dua dus yang kubawa kemudian kubuka di rumah dan mama membantu mencocokkan formulir dan isi dus. O ya ... Sebelum dikumpulkan ke sekolah, aku juga mencatat ulang pesanan yang kuterima agar kami tidak keliru memberikan pesanan kepada donatur. Kata mama, meski kami mendapat copy formulir pemesanan, ada baiknya tetap mencatat ulang pesanan barang tersebut untuk berjaga-jaga. Ketika dus dibuka, segera kami cocokkan pesanan yang kami catat dengan barang yang tersedia. Segera kami pilah pesanan tersebut sesuai nama pemesan dan mama meintaku bersiap-siap untuk segera mengirimkannya kepada para donatur. Aku sebenarnya ingin mengantar setelah jam 5 sore, tapi mama bilang harus segera dikirim segera ke pemesan agar aku tidak punya lagi beban pekerjaan dan bebas melakukan kegiatan lain. Aku pun kemudian mengirimkan pesanan tersebut ke donatur. Semua pesanan yang kuterima kukirim sore itu juga. Sesampainya aku di rumah, aku merasakan tidak ada lagi kewajiban mengantar barang hehehe ... Aku bebas berkegiatan karena tugas pokok sudah selesai. Ngomong-ngomong, apa pesanan mamaku? Mama memesan cookie dough (adonan untuk membuat cookie). Adonan ini tinggal dibentuk sesuai selera dan dipanggang dalam oven. Apakah mamaku mencobanya? Iya ... Mama langsung memanggang sebagian dough menjadi cookie coklat. Gimana rasanya? Ternyata uenak hehehe ... Apalagi yang mama pesan? Coklat covered pecans. Enak? Sudah pasti hehehe ... O ya ... Hampir lupa ... Untuk siswa yang bisa mendapatkan pesanan/order, ada rewards yang diberikan. Untuk setiap 3 items yang dipesan, siswa mendapat 1 gantungan kunci berbentuk bebek. Karena aku mendapat 14 pesanan, otomatis aku mendapat 4 gantungan kunci bebek. Pesanan yang kuperoleh sebanyak 14 items termasuk yangberjumlah banyak. Sudah pasti aku sangat hepi dengan reward yang kudapat. Sudah pasti juga aku hepi karena bisa membantu pihak sekolah. Dan sudah pasti aku hepi karena cookie yang dipesan mamaku rasanya uenak hehehe ...

No comments:

Post a Comment