Sunday, September 27, 2015

FIRST TRY: CUPCAKE

Untuk kegiatan eksperimen di kelas kimia, aku mencoba project yang berbahan cupcake sebagai alat bantu percobaan. Project ini nantinya akan di-share di kelas. Kali ini aku nggak bekerja sendiri. Ada beberapa grup yang dibagi di kelas dan aku menjadi member di salah satu grup. Masing-masing grup terdiri atas 3 orang. Sebelum aku mencoba membuat cupcake sore ini, kami (aku dan grupku) sudah pernah ketemu sekali di library Monroe sebelumnya. Saat itu kami merumuskan kira-kira media apa yang akan kami pakai sebagai bahan percobaan kami. Aku kemudian mengusulkan makanan sebagai media yang akan dipresentasikan di kelas. Karena aku mengusulkan makanan, akulah yang kemudian perlu memilih jenis makanan apa yang akan dipakai. Pilihan pun jatuh pada cupcake. Kenapa cupcake? Karena mudah dibuat, bahan-bahannya mudah didapat dan waktu yang digunakan tidaklah lama. Sebelum kami mencobanya bertiga, Minggu malam ini aku mencoba mempraktekkan membuat cupcake sendiri terlebih dahulu. Bahan-bahan dasarnya adalah gula, telur, butter, terigu dan susu. Tentu aku perlu membaca resep dan aku memilih mengikuti resep dari salah satu website dan membuat porsi setengahnya saja. Semua bahan yang ada di resep kusiapkan termasuk juga peralatan yang akan dipergunakan. Aku ikuti semua langkah yang ada di resep agar percobaan membuat cupcake langsung sukses hehehe ... Sesudah adonan dasar selesai, aku bagi adonan itu menjadi 3 kelompok: adonan dasar (putih), merah dan hijau. Untuk warna merah dan hijau, aku menggunakan food coloring. Nggak perlu banyak-banyak, cukup 1 drop saja. Ketiga adonan beda warna ini kemudian kumasukkan ke dalam baking/cupcake pan dan siap kumasukkan ke dalam oevn. Suhu 375 derajat dan lama panggang sekitar 18 menit adalah saran pemanggangan yang direkomensikan website tersebut. Setelah cupcake matang, cupcake masih perlu ditambahi icing berbentuk plus (positif) dan minus (negatif) untuk membedakan unsur yang dipelajari. Setelah cupcake dengan 2 unsur tersebut siap, kami kemudian akan mempresentasikan bagaimana kedua unsur ini bekerja. By the way ... Gimana rasa cupacke buatanku malam ini? Lumayan hehehe ... Yuk mari dicoba ... Moga-moga nanti percobaan kami di kelas sukses dan presentasi kami juga berjalan dengan lancar ...

No comments:

Post a Comment