Wednesday, December 26, 2012

WINTER BREAK 2012: FROM ALABAMA TO FLORIDA

Sabtu pagi, 22 Desember 2012, jam 7 pagi, kami bertiga sudah bersiap meninggalkan hotel di Montgomery Alabama untuk melanjutkan perjalanan ke Florida. Setelah semua masuk kendaraan, papa menset GPS dan menuliskan alamat yang akan kami tuju yaitu penginapan yang ada di kompleks Irlo Highway di Kissimmee Florida. Dalam GPS disebutkan bahwa kami akan sampai di penginapan sekitar jam 3.30 sore. Kami pun segera memulia perjalanan pagi ini dengan diadului berdoa. Keluar dari penginapan di Montgomery Alabama, GPS mengarahkan kendaraan melalui highway yang rasanya dekat sekali dengan hotel. Highway ini memiliki 2 lanes (lajur) untuk setiap jalurnya. Kami menikmati perjalanan melalui highway ini karena lalu lintas lumayan sepi. Kendaraan bisa melaju dengan kecepatan normal dan kami bisa menikmati pemandangan di kiri-kanan jalan dengan santai. O ya ... Saat meninggalkan hotel, kendaraan sempat berjalan pelan karena kendaraan seperti berhadapan dengan matahari terbit. Sangat silau. Sekalipun menggunakan kacamata hitam, silau cahaya matahari seperti tidak bisa dikurangi. Kami sedikit beruntung karena ada truk gandeng besar (trailer) yang bisa kami pakai sebagai "tameng" dari cahaya matahari ini hehehe ... Hampir semua kendaraan melaju dengan sangat pelan di jam ini, mengingat sinar matahari beneran membuat silau. Begitu matahari sudah naik, perjalananpun menjadi sangat nyaman. Tanpa pindah highway, kami melewati berbagai tempat menarik seperti kota-kota kecil, destinasi wisata, tempat camping, pertanian, peternakan, universitas dan seterusnya. Universitas yang kami lewati adalah universitas Troy yang ada di kota Troy Alabama. Kami sempat mampir juga di salah satu rest area (setelah 2 jam berkendara) untuk keperluan ke restroom di daerah Dothan. Rest area ini bersih dan lumayan banyak dikunjungi visitor pagi itu. Dothan ini nampaknya merupakan kota yang membatasi state Alabama dan state Florida. Highway yang kami lewati untuk jalur ini bernomor 231. Ketika perbatasan sudah kami lewati, kami pindah highway ke highway nomor 10. Saat kami melihat ada board bertuliskan Welcome Center, segera saja kami putuskan untuk sejenak berhenti dan ambil gambar. Sebentar saja kami berhenti disitu, kami kemudian melanjutkan perjalanan. Total jam yang kami tempuh dari Montgomery Alabama menuju perbatasan yang menjadi bagian dari negara bagian Florida adalah 3 jam. Gak jauh bukan? Jadi, kalau tadi jam 7 kami masih di Alabama, jam 10 ini kami sudah berada di Florida hehehe ... Kami lanjutkan perjalanan di highway nomor 10 dengan pemandangan yang mayoritas berupa perkebunan khususnya buah jeruk. Ya ... Florida memang dikenal sebagai daerah penghasil jeruk yang OK rasanya. Jeruk yang diproduksi pun bermacam-macam, ada orange, navel, citrus dan seterusnya. Info sentra buah jeruk juga mudah ditemui di sepanjang jalan (di highway ini). Kalau mau berhenti, yan harus memilih salah satu exit di highway yang dilewati. Bagaimana dengan kami? kami gak beli jeruk saat berangkat ke Florida. Kata mama, nanti saja saat kami pulang dari Florida hehehe ... Saat jam makan siang tiba (kira-kira jam 12), kami berhenti di salah satu rest area di pinggir highway dan menikmati bekal yang kami bawa. Saat kami keluar kendaraan, cuaca rasanya hangat. Makanya, kami putuskan akan menyantap bekal di salah satu picnic table. Kami keluarkan bekal kami dan kami siap memulai makan siang. lama-lama kami merasa kedinginan hahaha ... Maklum, sekalipun cuaca cerah, angin yang bertiup di musim dingin ini tetep saja adem .... Kami pun memutuskan melanjutkan menikmati makan siang kami di kendaraan. Setelah merasa cukup beritirahat, kami melanjutkan perjalanan. Kota-kota yang kami lalui adalah Tallahassee (ibukota Florida), Gainesville (University of Florida) dan akhirnya Orlando. Kami sebenarnya tidak sampai masuk kota Orlando. Kami memilih tinggal di daerah Kissimmee, karena kami memang ingin berada di tengah-tengah, diantara 2 lokasi piknik yang akan kami datangi di kota Orlando. Seingatku, lanes di highway sebelum menuju Orlando (selepas Tallahassee) menjadi 4 atau 5 lajur untuk masing-masing arah. Ini menunjukkan bahwa kepadatan kendaraan yang memasuki Orlando lumayan tinggi. Bahkan, kendaraan juga masuk jalan tol, dimana rest area berganti nama menjadi service area. Sudah pasti jalan tol ini berbayar. Bersama dengan kendaraan lain yang lumayan banyak melintas di highway ini, kami tetap menikmati pemandangan indah di kiri dan kanan jalan. Saat kendaraan kami memasuki daerah Kissimmee dan kami baca papan info di pinggir jalan berbunyi "Disney World", kami tahu kami dah hampir sampai hehehe ... Matahari nampak masih bercahaya dengan manis dan seolah menyambut kami yang baru sekali ini berkunjung ke Florida. Saat kendaraan mulai memasuki jalan raya yang sisi kiri kanannya dipenuhi hotel, restoran dan juga toko, kami tahu kami dah hampir sampai di penginapan. Rasanya kami gak asing dengan lokasi penunjang yang berdekatan dengan tempat piknik yang akan kami tuju. Saat kami berkunjung ke Smokey Mountain Tennessee tahun 2011, kami menginap di Knoxville yang hampir sama dengan Kissimmee yang kami datangi tahun ini. Knoxville dan Kissimmee sama-sama lokasi penunjang tempat wisata utama. Aneka hotel, resto dan toko (termasuk bank, museum, visitor center) dengan mudah ditemukan di daerah penunjang lokasi piknik tersebut. Penataan kedua kawasan ini hampir sama ... Barangkali memang beginilah standar penataan kota pendukung daerah wisata di US ... Semua serba teratur dan mengundang siapa pun yang berkunjung untuk menikmati suasana yang menyenangkan ... Semakin pengunjung kerasan, semakin banyak pengeluaran yang di"spend" tourist atau wisawatawan. Kota pendukung pun makin maju dan kaya hehehe ... Saat GPS mengatakan "arriving at destination", kami tahu, kami sudah sampai di tempat kami menginap selama 3 hari ini ... 8 jam perjalanan dari Montgomery Alabama ke Kissimmee Florida terlampaui dengan lancar ... Hore ...