Saturday, July 4, 2015

SUMMER ROAD TRIP 2015: DC - METRO (COMMUTER TRAIN)

Smithsonian train station ... Inilah tempat kami turun dan naik kereta komuter yang lazim disebut dengan metro. Saat berangkat dari stasiun Van Dorn yang ada di kota Alexandria tadi pagi, kami mengawali perjalanan ke DC dengan membeli 3 tiket (dalam bentuk kartu) di mesin yang tersedia. Kemudian kami masuk ke stasiun dengan menempel kartu tersebut di card reader (mesin pembaca) yang secara otomatis akan membukakan gate untuk penumpang. Kami kemudian menunggu kedatangan kereta sekitar 5 menitan. Pagi itu stasiun lumayan sepi karena mungkin bertepatan dengan weekend (Sabtu pagi). Saat kereta datang, kami menaiki gerbong terdekat yang membuka dan menutup pintunya secara otomatis. Waktu naik dan turun dari gerbong tidaklah lama (sekitar 30 detik - 1 menitan). Karena sepi, kami tentu tidak tergesa-gesa. Kami kemudian menempati bangku kosong yang tersedia. Kereta melaju dan berhenti di beberapa stasiun untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. Selain melewati terowongan, kereta juga melewati rute di atas jalan raya. Sekitar 20 menit kemudian, kami sampai di stasiun Smithsonian. Stasiun yang berada di kompleks museum (yang dikenal dengan nama Smithsonian grup ini) berada di bawah tanah (subway) sehingga kami perlu menaiki tangga dan juga eskalator untuk bisa muncul di permukaan hehehe ... Untuk membuka pintu, kami perlu men-tap kartu kami di card reader yang tersedia di gate keluar. Sesampainya kami di luar stasiun, kami melihat deretan gedung museum ada di depan kami. Sore harinya, saat kami hendak pulang ke Alexandria, kami kembali ke stasiun Smithsonian ini. Penumpang menumpuk di stasiun dan tidak keluar dari situ karena hujan turun deras sekali. Ketika kami hendak masuk ke peron, kami mendengar petugas meminta para pengunjung stasiun untuk meninggalkan stasiun meski hujan masih turun dengan deras. Pengumuman ini tentunya ditujukan untuk penumpang yang hendak keluar stasiun. Mendengar pengumuman ini, penumpang pun kemudian mulai meninggalkan stasiun meski mereka tahu resikonya, basah kuyup hehehe ... Para penumpang seolah menyadari bahwa stasiun terasa semakin padat meski kapasitas stasiun ini lumayan besar. Kami kembali men-tap kartu kami dan bersiap menuju ke lantai bawah di mana kereta api akan berhenti. Dengan pakaian basah kuyup, kami sempatkan mengambil beberapa gambar sebelum kereta api datang. Kami tidak melihat banyak penumpang di area tunggu ini. Saat kereta datang, segera saja kami naik gerbong dan mencari bangku kosong. Perjalan kembali ke Van Dorn sedikit berbeda dengan perjalanan saat kami berangkat tadi pagi. Bangku kosong tidak banyak tersedia. Di saat sore menjelang dan hujan turun lumayan deras, banyak pengunjung DC yang mungkin memutuskan tidak meneruskan petualangan sore itu. Terlebih mereka yang membawa anak kecil atau balita yang nampak sudah tidak mampu menahan dingin. Agak aneh memang, di saat summer season, hujan turun tiada ampun hehehe ... Di satu sisi kami senang karena kami tidak merasakan panas yang teramat sangat di saat kami berjalan mengelilingi sebagian kota Washington DC ini. Di sisi lain, kami merasa acara jalan-jalan hari ini nggak bisa maksimal karena hujan seolah nggak memberi kesempatan yang lebih banyak lagi pada para pengunjung/wisatawan hehehe ... Sudahlah ... Nikmati saja perjalanan dan petualangan sore ini dengan hati gembira. Setidaknya, sudah ada beberapa tempat yang didatangi sore ini. Rencananya, kalo Alexandria nggak hujan, kami ingin meneruskan acara jalan-jalan di Alexandria saja, utamanya di downtown kota ini. Semalam, saat kami bersantap malam di downtown kota ini, kami melewati jalan utama downtown yang cantik sekali. Kami tentunya nggak ingin melewatkan kesempatan melihat kota cantik ini. Salah satu alasan kenapa kami memilih menginap di kota ini adalah karena kota ini cantik dan tiak terlalu jauh dari DC. Karena itu, meski jam 6 kami musti masuk kereta karena baju sudah basah kuyup, kami nggak ingin menghabiskan malam dengan bersantai-santai di penginapan. Kata mama, setiap kali liburan, kami memang sebaiknya memiliki agenda/jadwal yang fleksibel. Jadi, kalo tiba-tiba cuaca berubah, kami punya rencana cadangan yang bisa kami pilih. Seperti yang terjadi sore ini misalnya. Maunya, kami stay. Apa daya, baju sudah basah kuyup. Kami musti memutuskan segera apa yang harus kami kerjakan agar liburan tidak menjadi sia-sia ... Dan saat kami sampai kembali di Van Dorn station, hujan tidak lagi ada. Yay ... Artinya kami bisa berjalan-jalan di kota Alexandria hingga matahari terbenam ... BTW ... Metronya nyaman nggak? Sudah pasti lah ya hehehe ...