Saturday, July 4, 2015

SUMMER ROAD TRIP 2015: VA - AROUND ALEXANDRIA

Masih di hari Sabtu tanggal 4 Juli tahun 2015. Setelah menyerah pada hujan di Washington DC, kami bertiga kembali ke Alexandria dengan menumpang kereta (Metro) dan mengganti pakaian kami yang basah untuk kembali melanjutkan acara jalan-jalan di hari ini. Meski sedikit mendung, kami melihat matahari masih nampak dan membagi sinarnya. Kami bertiga kemudian meluncur menuju ke sebuah taman di kota Alexandria ini yang berjarak kurang lebih 10 menit dari penginapan. Kami tahu taman ini dari mana? Saat semalam kami makan malam di sebuah warung makan Jepang, kami kan melihat warung makan ini menghadap ke kali ... Jadi, kami memutuskan untuk datang kemari hehehe ... Jalan raya yang kami lalui tidak
 terlalu ramai namun masih banyak kendaraan berlalu lalang. Dalam situsnya (
http://www.visitalexandriava.com/) Alexandria menawarkan banyak hal yang menarik hati. Saat semalam kami memasuki perbatasan kota Alexandria kami langsung merasa krasan karena kota ini terasa ramah. Berbatasan dengan Washington DC, kota ini termasuk kota favorit untuk tinggal dan juga berwisata. Mereka yang tinggal di Alexandria dan bekerja di Washington DC memiliki banyak pilihan transportasi baik pribadi maupun umum. Bagi kami, kota Alexandria terasa sedap dipandang mata karena cantik, bersih dan tertata rapi. Bangunan dengan arsitektur dan warna menarik berjajar di sepanjang jalan yang kami lalui. Kami merasa aman-aman saja saat mulai memasuki kota ini. Sewaktu menuju ke warung makan untuk makan malam bersama om Yanto, tante Melia dan Cherish semalam, kami melewati downtown kota Alexandria yang menarik hati. Deretan toko dan juga warung makan plus penginapan nampak ramai didatangi wisatawan. Kami sempat melihat ada trolley (yang teryata gratis) yang hilir mudik di pusat kota ini dan sepertinya trolley juga berhenti di beberapa point of interest. Na ... Melihat wajah Alexandria yang sepintas nampak cantik (semalam), kami ingin melihat secara lebih dekat tentunya. Rencananya, kalo bukan hari ini, kami akan melihat kota Alexandria di hari Minggu pagi, sebelum kami melanjutkan perjalanan ke kota lain. Namun, karena hari ini hujan turun di DC, kami memutuskan untuk melihat Alexandria di hari Sabtu malam ini. Kota lama Alexandria, demikian julukan yang diberikan untuk kota ini, kata papa kok hampir mirip dengan Nashville di Indiana yang juga memiliki ciri khas seperti itu. Hanya saja, Alexandria lebih besar dan nggak melulu mencerminkan lokal product (baik produk kerajinan maupun pangan) melainkan sudah lebih beradaptasi (dengan kultur lain) dan terasa lebih modern. Deretan kios yang menawarkan aneka souvenir dan juga banyaknya pilihan warung makan yang menjajakan aneka jenis panganan (dari berbagai negara - utamanya dari Italia, Jepang, Korea, Thailand, Meksiko, dll) nampak mengundang siapapun untuk mau mampir atau bahkan membelinya/mencicipinya. Di salah satu ruas jalan di downtown Alexandria, lokasinya masih di sepanjang jalan King (King Street), nampak deretan pertokoan (cabang merk ternama  untuk produk pakaian, sepatu, tas dan seterusnya) yang seolah melengkapi kecantikan kota ini. Demikian pula aneka atraksi menarik yang bisa dilihat di Waterfront (tak jauh dari downtown) seolah memanjakan para wisatawan yang tengah menikmati kecantikan kota Alexandria ini. Sebelum berjalan-jalan di downtown kota Alexandria, kami sempatkan berjalan-jalan terlebih dahulu di sebuah taman yang bernama taman Tide Lock (Tide Lock Park). Saat kami sampai di parking lot taman ini, kami melihat kali di area ini yang seolah berbatasan langsung dengan taman ini. Kapal nampak berlayar di atas kali yang lumayan besar ini. Taman tertata dengan sangat rapi dan bersih seperti layaknya standard taman di negara ini. Sidewalk-nya nyaman dipergunakan plus fasilitas lain seperti bangku taman, gelaran rumput untuk piknik, monumen (miniatur National Monument di Washington DC) dan yang lainnya seolah mengundang kami untuk berlama-lama berada disini. Sudah tentu kami berjalan mengelilingi taman ini dari ujung ke ujung untuk melihat apa isi taman ini dan kemudian duduk sebentar menyaksikan sore yang hampir tenggelam. Mendung yang menggelayut di angkasa seolah menutupi matahari yang akan terbenam sebentar lagi. Kalau saja tidak terhalang mendung, sunset akan terlihat sangat indah dari taman ini. Kami melihat ada banyak pengunjung yang mulai berdatangan. Sepertinya, akan ada kemeriahan pesta kembang api yang bisa dilihat dari taman ini (di malam hari ini). Kan hari ini bertepatan dengan HUT kemerdekaan negara ini? Seperti di Washington DC, kota Alexandria pun mempersiapkan kemewahan pesta kembang api malam ini. O ya ... Di pinggiran kali ini ada banyak bangunan yang menarik hati untuk dicermati. Arsitektur bangunan yang indah seolah menegaskan bahwa bangunan yang ada adalah pelengkap keindahan di sepanjang kali yang bernama Potomac River. Salah satu situs (http://www.visitalexandriava.com/things-to-do/outdoor-activities-and-wellness/parks/) mengatakan begini : Tide Lock Park is home to the "Promenade Classique," a neoclassical sculpture among waterfalls and pools by French sculptors Anne and Patrick Poirier. Ya ... Penataan taman yang menjadi bagian dari kota lama atau kota tua Alexandria memang dilakukan secara serius. Masyarakat yang ingin berolahraga maupun berekreasi di sini tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya karena taman ini gratis untuk dinikmati para pengunjungnya. Demikian pula mereka yang ingin menikmati wisata dengan cara berjalan-jalan menyusuri downtown kota Alexandria pun dengan bebas bisa menikmatinya kapan saja. Mata seolah dimanjakan dengan suguhan atraksi alam yang nggak membosankan. Ah ... Liburan di Alexandria ini memang terasa menyenangkan. Gak bosan rasanya berada disini berlama-lama hehehe ... Hanya saja, gelap akan segera datang. Kami musti kembali ke penginapan karena besok pagi masih ada tempat lain yang perlu kami kunjungi. Jam sudah menunjuk angka 9.30 malam dan perut kami pun sudah mulai keroncongan. Ya ... Dari Washington DC tadi kami belum sempat menikmati makan malam. Kok nggak mampir ke salah satu warung makan yang ada di downtown Alexandria? Kami masih memiliki bekal yang perlu kami habiskan di penginapan hehehe ...