Sunday, July 5, 2015

SUMMER ROAD TRIP 2015: DC - UNION STATION

Minggu pagi, tanggal 5 Juli tahun 2015, kami bertiga keluar dari penginapan di Alexandria dan bersiap melanjutkan perjalanan liburan summer tahun ini di kota lain. Setelah 2 malam menginap di kota ini (Jum'at dan Sabtu), kami akan meneruskan perjalanan ke state lain. Namun demikian, kami berencana untuk mampir kembali ke Washington DC dan melihat monas (National Monument) beserta beberapa monumen lain yang ada di sekitar National Monument. Kali ini kami naik kendaraan (tidak naik metro seperti kemarin). Meski naik kendaraan, kami akan memarkir kendaraan di garasi stasiun, tepatnya di parking garage milik Union Station (stasiun utama) Washington DC. Perjalanan dari Alexandria menuju Union Station kira-kira 20 menit. Dari penginapan, GPS mengarahkan kendaraan masuk highway sebelum  kami sampai di stasiun. Jalanan relatif masih sepi karena jam masih belum menunjuk angka 8 pagi. Sesampainya di parking garage milik Union Station, kami kemudian memasuki bagian dalam stasiun sebelum akhirnya kami keluar stasiun. Ya ... Parking garage memang menyatu dengan stasiun sama seperti parking garage yang menyatu dengan mall (pusat perbelanjaan). Meski masih pagi, statiun sudah nampak dipadati calon penumpang. Antrian di depan loket Amtrak terlihat lumayan panjang. Penumpang datang dan penumpang pergi nampak hilir mudik di hallway stasiun. Deretan kios makanan sudah buka dan wangi aroma berbagai jenis penganan tercium dari jauh. Kami melihat renovasi sedang dilakukan di bagian dalam stasiun. Saat kami keluar stasiun, kami segera melihat ikon stasiun berupa lonceng besar dan juga patung di depan stasiun. Lantai terakota berwarna merah menjadi ciri khas lain stasiun ini. Kesibukan nampak di depan stasiun. Bus atau kendaraan pariwisata nampak berjajar, baik untuk menaikkan maupun menurunkan stasiun. Demikian pula kendaraan pribadi. Kami jadi teringat saat tahun 2010 kami kemari. Waktu itu kami naik Amtrak dari Baltimore dan turun di Union Station sebelum memulai acara jalan-jalan dari museum ke museum. Kami ingat sekali, waktu itu perjalanan dari stasiun menuju kompleks museum terasa lama dan jauh hehehe ... Kali ini kami sudah lebih siap dan lebih bersemangat menyusuri kembali rute yang nyaris sama dengan rute yang kami tempuh 5 tahun yang lalu ... Kami juga beruntung karena pagi ini cuaca terasa bersahabat (tidak mendung tetapi tidak terasa panas juga) ... Yuk mari kita berjalan-jalan menuju National Monument dengan mengambil start dari Union Station hehehe ... Mumpung hari masih pagi ... Mumpung kami masih kenyang ... Mumpung jalan raya masih lumayan sepi (meski sudah banyak warga yang berjalan-jalan, bersepeda, jogging dan juga duduk-duduk menikmati pagi di hari ini) ...