Wednesday, July 8, 2015

SUMMER ROAD TRIP 2015: WOBURN TO PORTLAND

Rabu pagi, tanggal 8 Juli tahun 2015, kami bertiga bersiap sejak jam 7 pagi untuk melanjutkan acara jalan-jalan pagi ini. Kami sengaja sarapan di jam 7 pagi agar bisa keluar dari penginapan segera. Kata papa dan mama, kami akan menuju state lain pagi ini, untuk mengunjungi salah satu tempat piknik, sebelum kami melanjutkan perjalanan menuju Pennsylvania. Akan kemanakah kami pagi ini? Kami berencana mengunjungi Portland Maine. Mengapa kami mau berkunjung ke situ? Kata mama, biar kami bisa merasakan mengunjungi state yang berbatasan dengan Canada. Maksudnya? Maine adalah negara bagian teratas yang ada di pantai timur negara ini. Karena berada di paling ujung dan berbatasan langsung dengan Canada inilah yang menjadikan kami tertarik untuk mendatanginya. Kalau kami pernah mampir Niagara yang berbatasan langsung dengan Canada juga, serta kami pernah datang ke Florida yang berada di ujung paling bawah state ini (selatan), serta kami pernah singgah di Michigan dan juga Wisconsin yang juga berbatasan dengan Canada; rasanya kok sayang kalo kami nggak meihat Maine dari dekat hehehe ... Apalagi, jarak dari Woburn Massachusetts ke Portland Maine hanyalah 1 jam 50 menit ... Sayang banget kalo kita nggak mampir. Begitu kata mama hehehe ... Akhirnya, di hari Rabu pagi yang mendung ini kami bertiga bersiap menuju Portland Maine di jam 8 pagi setelah kami menyelesaikan keperluan check out dari penginapan. Sarapan sudah. Check out sudah. Set GPS sudah. Tinggal menuju Portland kalo gitu hehehe ... Kendaraan pun kemudian melaju di Interstate nomor 95 lagi dari Massachusetts menuju Maine. Kami merasakan udara sedikit dingin pagi ini. Di highway besar dan lumayan sepi ini, kami nikmati pemadangan di kiri dan kanan jalan. Kami melewati state New Hampshire dan tentu saja mampir sejenak di Welcome Center state ini sebelum kemudian kami melanjutkan perjalan ke Maine. Dari Massachusetts menuju Maine, jalan terasa menanjak. Saat papa mengajak kami melihat pepohonan yang berada di sisi kiri dan kanan highway ini, kami melihat jenis pohon yang sepertinya lebih mirip pinus (tanaman yang banyak dijumpai di dataran tinggi). Tentu ada jenis pepohonan lain, namun kami melihat pohon pinus ini berderet dengan rapi di sisi highway yang luas dan lebar ini. Kami juga mesti beberapa kali membayar ongkos tol saat kami menuju Portland. Ya ... Highway yang kami lewati ini sepertinya memang jalan tol yang merupan terusan jalan tol yang kami lewati sejak dari Washington DC hingga menuju Massachusetts dan berlanjut ke Maine ini. Saat kami melihat jembatan yang membentang di atas kali dan memiliki tulisan Maine kami tahu kami sudah memasuki state yang kami tuju. Yay ... Akhirnya sampai juga kami di Maine, state yang berbatasan dengan Canada. Tentu kami menyempatkan mampir di Welcome Center Maine dan kemudian mengambil beberapa gambar di sekitar rest area yang lumayan luas ini. Kami mendapatkan beberapa brosur yang berisi aneka macam informasi yang mungkin diperlukan bagi para pengunjung state ini. Tak lupa, kami mengambil map dan juga brosur Portland yang menjadi tujuan piknik kami pagi ini. Sesudah mendapatkan lumayan banyak gambar dan juga brosur yang berisi berbagai informasi, kami kemudian melanjutkan perjalanan kami menuju Portland. Papan penunjuk jalan memberikan informasi yang jelas bagi para pengendara untuk menuju tempat yang dimaksud. GPS tentu tetap kami pergunakan, tetapi kami tetap membaca papan petunjuk yang terpampang jelas di rute yang kami lewati. Kebetulan highway yang kami lalui lumayan sepi (tidak seperti highway di kota besar yang padat dan memiliki volume kendaraan yang banyak) jadi kami merasa sangat santai dan enjoy di saat kami berkendara menuju Portland. Kami melewati pedesaan, kota kecil, area terbuka hijau yang luas membentang, jembatan dan akhirnya kota Portland yang kami tuju mulai terlihat dekat. GPS meminta kendaraan keluar dari highway dan berpindah jalur ke state road. State Road yang kami lalui juga nampak sepi (tidak terlalu ramai). Kami nggak ngerti apakah sepinya karena hari masih terlalu pagi bagi pengunjung untuk memulai acara wisata atau memang area ini selalu sepi hehehe ... Sebentar saja kami berkendara di state road ini, lokasi piknik yang kami tuju sepertinya sudah nampak. Kompleks kota kecil yang ada di depan sepertinya siap menyambut wisatawan yang datang. Deretan bangunan tua dan juga pabrik yang tidak terlalu besar kami jumpai di jalan menuju kota. Jalan yang tidak lagi luas seperti highway namun tetap saja bersih dan nyaman dilewati. Kunjungan kami pagi ini seolah akan menjadi hal yang menyenangkan. Sepertinya kami tidak akan merasakan suasana kota pelabuhan yang ramai dan penuh hiruk pikuk orang. Sebaliknya, kami merasa kami akan menemukan kota pelabuhan kecil yang tenang dan membuat hati adem hehehe ...