Wednesday, December 25, 2013

CHRISTMAS 2013

Selasa, 24 Desember 2013, aku dan mama menghadiri misa natal di gereja St. Paul Bloomington. Misa dimulai pukul 7.30 malam dan kami berdua datang sejak jam 7.10 malam. Meski dingin, tidak ada salju turun, sehingga aku dan mama tidak sampai menggigil sekali hehehe ... Lumayan banyak juga umat yang mengikuti misa malam natal ini. Sore tadi (jam 5) sudah ada misa dan malam nanti (jam 10.30) ada misa lagi. Rabu (25 Desember 2013) misa diadakan 2 kali, jam 8 dan jam 10. Sengaja aku dan mama ikutan misa malam ini karena kami ingin merayakan Christmas Eve. Misa yang kami ikuti berjalan selama sekitar 75 menit. Misa berlangsung dengan khidmat dan tetap terasakan suasana natal seperti yang kami biasa alami. Hiasan natal berupa Christmas Tree nampak ada di bagian luar dan dalam gereja. Di bagian dalam gereja, chritsmas tree ini juga ada di bagian belakang belakang gerja serta di altar. Berbagai kado yang bertebaran di dekat christmas tree di bagian belakang gereja nampak sudah hampir habis. Ini dikarenakan kado-kado tersebut sudah diberikan kepada pemiliknya. Maksudnya apa nih? Saat masa advent tiba (akhir November), gereja sudah memasang berbagai kertas berisi permintaan aneka kado yang diperlukan (biasanya dikirim oleh anak-anak yang orangtuanya kurang mampu). Kertas ini kemudian diambil oleh donatur dan diganti kado cantik yang berisi nama penerima kado (pengirim kertas). Kado cantik ini kemudian akan diberikan kepada pemiliknya menjelang natal. Jadi, sejak minggu pertama bulan Desember sampai menjelang natal, kado-kado ini akan menumpuk kemudian diberikan ke pemiliknya setiap minggu sampai habis. Karenanya, di saat natal, masih terdapat sedikit kado di dekat pohon natal ini. Selain chritsmas tree, ada juga gua berisi patung bayi Yesus, Bunda Maria dan Santo Yusup. Bersama keluraga kudus ini nampak ada patung gembala dan dombanya. Tidak seperti tahun lalu, dimana gua natal diletakkan di luar gereja, kali ini gua natal ada di altar. Semua hiasan ini tentu menambah semarak suasana natal kali ini. Dan seperti biasanya, setelah misa natal usai, umat saling mengucapkan selamat natal kepada semua yang ada di gereja. Yang membuat kami terkejut, kami ketemu Merry Brenan. Setelah bertahun-tahun nggak ketemu dan sama sekali nggak mengira ketemu Merry, kami sudah pasti senang sekali bisa ketemu Merry kembali. Kami ngobrol lumayan lama di hallway gereja dekat dengan christmas tree. Christmas tree besar yang menjadi latar belakang kami berpose adalah christmas tree yang istimewa bagiku karena aku ikut menghiasnya. Saat aku didrop papa dan mama di gereja ini 2 minggu lalu, aku ikut acara mudika malam itu yang memiliki kegiatan menghias pohon natal dan mempersiapkan aneka pernik-pernik natal. Dalam pesta yang berlangsung selama 2 jam itu aku berkenalan dengan beberapa teman dan menikmati pesta menyambut natal disitu. Makanya, aku kasih tunjuk mama hiasan yang kubuat dan kutempel di pohon natal ini. Malam ini menjadi istimewa karena aku dan mama bisa mengikuti misa natal dengan lancar, bisa ketemu Merry dan bisa melihat indahnya hiasan yang kutempel di pohon natal. Sebentar dulu ... Papa nggak ikutan ke gereja ya? Nggak ... Lho kok? Iya ... Papa ada jadwal kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Merry Xmas everyone ...

No comments:

Post a Comment