Monday, July 7, 2014

SUMMER ROAD TRIP 2014: REPTILE GARDEN (SD)

Hari Senin tanggal 7 Juli 2014, jam 10.30 pagi, kami bertiga sudah keluar dari Mount Rushmore di State South Dakota. Kata mama, kami masih punya kesempatan untuk mengunjungi salah satu tempat piknik, yang berlokasi di rute perjalanan kami berikutnya, sebelum kami melakukan perjalanan ke state lain hari ini. Ya ... Dalam jadwal mama, hari ini adalaha hari dimana kami akan menghabiskan waktu di South Dakota di pagi sampai siang hari dan siangnya kami akan menuju ke state lain. Dalam jadwal yang dibuat papa dan mama, kami memang hanya akan meluangkan waktu di South Dakota selama 2 hari 1 malam (sebetulnya gak genap 24 jam hehehe ...) karena kami memang hanya bertujuan mengunjungi Mount Rushmore. Kalau kemarin sore kami bisa mampir ke Dinosaur Park dan hari ini kami bisa berkunjung ke tempat piknik satu lagi (selain Mount Rushmore), tentu ini merupakan bonus hehehe ...  Dari Rapid City menuju Mount Rushmore pagi ini, kami melihat beberapa tempat piknik yang terletak di tepi jalan. Diantaranya adalah water park, reptil garden dan juga bear country. Di sekitar Mount Rushmore sendiri juga ada beberapa tempat wisata, seperti Crazy Horse (monumen) dan shopping center. Kata papa dan mama, aku boleh memilih tempat piknik yang mana saja, selama waktunya mencukupi. Aku kemudian memutuskan untuk melihat koleksi reptil di Reptil Garden. Pagi tadi, pada saat kami berkendara di jalan menuju Mount Rushmore, aku sudah melihat papan petunjuk tempat ini yang ada di sepanjang jalan. Dari jalan yang dilalui kendaraan, tempat ini juga kelihatan jelas karena lokasinya sangat dekat dengan highway dan gedungnya unik. Aku sudah jatuh hati dengan tempat ini sejak pagi tadi hehehe ... Tempat piknik lain yang ingin kami datangi adalah Country Bear USA. Dalam bayangan mama, tempat ini nggak beda jauh dengan taman safari. Jadi, kira-kira begini, kami para pengunjung akan disuguhi pemandangan alam terbuka, dimana binatang di lokasi ini bebas berkeliaran, sementara kami para pengunjung perlu naik kendaraan tertutup saat berada di area outdoor tersebut. Na ... Binatang yang ada di Bear Country USA ini mungkin kebanyakan adalah beruang. Meski aman, mama tetap saja was-was untuk memilih lokasi piknik ini. Kenapa? Karena kendaraan kami berupa sedan hehehe ... Kata mama, mana tahu tiba-tiba ada beruang gede banget nongol dan mendekati kendaraan kita yang jalan pelan-pelan ... Au ... Jadi ikutan ngeri hehehe ... Padahal, kapan lagi kita bisa bertualang di land of bear kalo nggak di South Dakota? Bener juga sih pertanyaan ini. Mengenai beruang ini, aku jadi teringat kata papa ... Saat kami memasuki state South Dakota (dari Colorado), kami berhenti sebentar di stasiun pengisian bahan bakar. Di situ, ada stiker yang berbunyi "Please don't leave the cooler (food) unattended. Bear might come and get it" Aku dan mama sama sekali tidak memperhatikan stiker ini. Bahkan kami tidak tahu ada anjuran seperti itu hehehe ... Ya ... South Dakota mungkin memang merupakan salah satu state yang memiliki populasi beruang lumayan banyak ... Jadi, memang sayang kalo kami tidak berkunjung kemari (biar nggak sayang, ini dia website Bear Country USA (http://www.bearcountryusa.com/). Namun, aku sudah mantap dengan keputusanku untuk mampir di Reptil Garden. Dalam promosi mereka di salah satu baliho di pinggir jalan yang terlihat, reptil garden mengatakan tempat piknik ini sebagai yang terbesar di dunia hehehe ... Ini dia situsnya (http://www.reptilegardens.com). Saat kami kemudian memutuskan mampir di tempat ini, mama mengatakan kami punya waktu sekitar 1.5 jam sebelum kami meneruskan perjalanan ke state lain. Kami kemudian memarkir kendaraan di parking lot yang tersedia dan masuk ke gate untuk membeli tiket. Gate yang berada di dalam bangunan ini berada diantara gift shop dan juga kantor management. Tiket dijual di gate ini dan saat kami kemari, antrian tidak terlalu panjang. Tiket untuk pengunjung usia 13 tahun ke atas adalah 16.5 dolar per satu tiket (harga tiket untuk summer). Untuk lansia dan anak usia 5 - 12 tahun, harga tidak sama. Demikian juga di saat spring dan winter, harga tiket juga mengalami perubahan. Setelah tiket kami peroleh, kami segera masuk ke dalam kebun reptil ini dan melihat flyer yang kami pegang. Animal show schedule tertulis di selebaran ini dan mengingat waktu yang bisa dialokasikan disini adalah 90 menitan, kami bisa melihat 2 animal show siang ini. Yang pertama adalah Bird Show dan yang kedua adalah Snake Show. Kami memiliki waktu 5 menit untuk menuju lokasi bird show dan saat kami sampai di tempat itu, hampir semua kursi terisi. Pertunjukan dimulai tepat jam 11 siang dan kami sangat menikmati pertunjukkan satwa pintar hari ini. Semua penonton bird show sangat bergembira melihat polah tingkah burung, ayam dan sejenisnya. Bird show ini berlangsung sekitar 20 menit. Sesudah acara menonton bird show selesai, kami bertiga menuju lokasi snake show. Sama seperti saat menonton bird show, kursi/bangku penonton sudah terisi penuh. Aku dan mama kemudian duduk di sela-sela penonton, sementara papa memilih berada di luar lokasi. Pertunjukkan ular ini dipandu 1 orang pembawa acara yang sangat lucu. Aneka ular diperlihatkan satu per satu dan hampir tidak satupun ular yang dipegangnya langsung. Ular-ular yang ditampilkan diambil dari kandangnya dengan menggunakan tongkat. Banyak anak kecil yang terkagum-kagum melihat ular kobra secara langsung dan dari jarak yang cukup dekat. Termasuk aku tentunya hehehe ... Setelah snake show selesai, aku mengajak papa masuk ke ruang tropical animal (termasuk melihat komodo yang berasal dari tanah air tercinta) karena mama memilih menunggu di luar. Kenapa mama nggak ikutan masuk wahana ini? Karena bau pengap di area ini membuat mama nggak betah hehehe ... Kami juga sempat melihat bulus/kura-kura super besar dan berpose di dekatnya. Wahana lain juga kami lihat meski tidak secara detil kami amati satu per satu. Kira-kira jam 12.30, mama dan papa mengajak aku keluar dari tempat ini. Kurang lebih 1,5 jam berada di dalam reptile garden sudah lumayan memuaskan rasa penasaranku hehehe ... Meski sempat mampir ke gift shop, kami memutuskan tidak membeli apa-apa karena kami sudah berbelanja di Mount Rushmore pagi tadi. Kami pun kemudian keluar dari reptile garden ini bersiap melanjutkan perjalan berikutnya menuju State Nebraska. Mama mengatur semua barang di kendaraan sebelum kendaraan keluar dari parking lot. Tentu ini dilakukan agar kami semua merasa nyaman dalam perjalanan dari South Dakota ini menuju Nebraska. Makanan dan minuman diletakkan di kursi belakang di sebelahku biar mudah diambil. Bantal juga sudah kusiapkan kalau sewaktu-waktu diperlukan hehehe ... Bye-bey South Dakota ... Thanks for the warm welcome ...