Tuesday, July 8, 2014

SUMMER ROAD TRIP 2014: UNIVERSITY OF NEBRASKA (NE)

Selasa pagi, tanggal 8 Juli tahun 2014, kami bertiga sudah siap memulai acara jalan-jalan pagi ini di jam 8.30 pagi. Kata mama, hari ini kita akan melihat-lihat kota Lincoln Nebraska, termasuk University of Nebraska. Kata mama lagi, kira-kira jam 12 siang, kita sudah harus keluar dari penginapan dan besiap menuju state berikutnya. Ya ... Jadwal hari ini memang begitu. Jadi kami musti menyesuaikan dengan jawal yang sudah kami sepakati bersama hehehe ... Negara bagian Nebraska memang sebenarnya bukan state tujuan kami saat kami berlibur musim panas kali ini. State ini merupakan state transit karena jarak yang kami tempuh dari satu tempat ke tempat lain sangatlah jauh. Pada saat kami berangkat memulai liburan hari Kamis minggu lalu, kami langsung berkendara dari Indiana menuju Colorado. Setelah 3 hari berada di Colorado, kami kemudian menuju South Dakota. Tujuan wisata kami sebenarnya adalah di kedua state ini. Na ... Dari South Dakota menuju Indiana, waktu tempuhnya kira-kira 20 jam lebih. Kami tidak mau berkendara selama itu dalam perjalanan pulang. Karena rute kami tetap melewati beberapa state, kami memutuskan untuk mampir di Lincoln ibukota negara bagian Nebraska. Kenapa kota ini yang dipilih? Karena 5 tahun yang lalu, papaku sudah pernah berkunjung di tempat ini. Ya ... Saat datang untuk memulai studi di negara ini, papa terlebih dahulu menempuh orientasi di kota Lincoln ini. Selama seminggu papa berada di tempat ini dan sebagian besar kegiatan diadakan di Universitas Nebraska. Karenanya, kami pun kemudian berencana mengunjungi tempat Universitas Nebraska yang terletak tak jauh dari tempat kami menginap. Seingat papa, kota Lincoln sangatlah tenang, tidak jauh beda dari Bloomington. Kota ini juga relatif tidak sesibuk kota besar lain yang memiliki karakteristik sebagai kota metropolitan. Karena itu, saat merancang perjalanan pulang dan memutuskan transit di Lincoln, kami membayangkan kota yang nyaman untuk disinggahi. Dan apakah dugaan kami benar? Ya ... Benar. Kota ini terasa ramah dan aman. Kami keluar dari penginapan dan segera berjalan menyusuri blok-blok jalan yang berisi bangunan gedung bertingkat. Kami melihat kendaraan melaju dengan batas normal dan tidak nampak lalu lintas yang sibuk di hari Selasa pagi di ibukota negara bagian Nebraska ini. Kami beberapa kali berhenti untuk mengambil gambar di jalan menuju kampus. Kota ini memang sepi. Kami tidak banyak melihat orang lalu lalang juga. Namun, rasanya tetap saja aman. Saat kami melihat sebuah gedung milik Universitas Nebraska, kami sempatkan ambil gambar di situ. Dari gedung ini kami melihat gerbang universitas yang memiliki lambang huruf besar N. Kami kemudian masuk ke dalam kompleks universitas yang nampak sepi ini. Kata papa, summer memang biasanya begitu. Students banyak yang tidak mengambil kelas selama summer karena mereka memang memilih berlibur. Kami memasuki kompleks universitas yang luas ini. Kami lihat bangunan yang ada disini tidak beda dengan beberapa universitas yang pernah kami kunjungi. Saat kemarin kami ke Colorado University of Boulder, kami melihat fazad bangunan yang mirip yaitu dari brick berwarna merah. Kami juga melihat beberapa mahasiswa yang berjalan kaki, naik sepeda, turun dari bus dan juga naik skate board di lingkungan kampus. Jumlah mahasiswa yang kami lihat tidaklah banyak. Kami kemudian mendekati spanduk bertuliskan slogan go big red yang sama persis dengan slogan yang dimiliki IU. Tentu saja kami berpose di depan spanduk tersebut. Setelah merasa cukup berada di dalam kapus Nebraska, kami kemudian memutuskan menyudahi acara kunjungan kampus pagi ini. Karena belum sempat sarapan, kami memang sudah merasakan lapar yang lumayan hehehe ... Saat papa dan mama mengajakku keluar dari kompleks kampus, sudah pasti aku merasa senang sekali. Aku sudah merasa cukup berada di dalam kampus ini dan ingin segera menuju salah satu warung makan yang bangunannya berderet di sepanjang jalan menuju kampus. Ya ... Kami memang melewati deretan warung makan yang ada di jalan utama kota ini. Karenanya, aku nggak mau terlalu lama membuang waktu dengan berlama-lama mengeksplorasi kampus. Kata papa lagi, kampus inilah yang didatangi papa di tahun 2009. Kampus yang ternyata berada di dalam kota di ibukota negara bagian Nebraska yaitu Lincoln.