Sunday, July 28, 2013

SUMMER ROAD TRIP 2013 (II): PENGINAPAN - GRAND RAPIDS MI

Inilah wajah penginapan yang akan kami tinggali malam ini. Dari luar, bangunan penginapan ini tidak tampak baru, namun demikian, tempat ini nampaknya akan nyaman untuk ditinggali. Parking lot yang luas memberikan keleluasaan bagi kendaraan untuk parking di mana saja. Kami segera menurunkan barang bawaan kami dan bersiap menuju meja resepsionis. Berhubung hanya menginap semalam, kami tidak membawa banyak barang. Kami kemudian memasuki lobby penginapan dan bertemu dengan petugas di front desk. Papa hanya mengatakan kalau kami sudah memesan sebuah room online dan papa menunjukkan bukti pemesanan yang sudah dicetak. Papa juga menyerahkan ID dan petugas mencocokkan data papa dengan data mereka di komputer. Petugas kemudian membantu papa melakukan pembayaran dan sesudahnya petugas memberikan kunci (berupa kartu) kepada papa. Kami kemudian mengucapkan terima kasih dan menuju ke room yang nomornya disebutkan petugas. Sampai di depan pintu yang dimaksud, aku membuka pintu dengan menggunakan kartu. Saat pintu dibuka, kami melihat ruangan yang lumayan luas dengan 2 tempat tidur berukuran queen yang cukup untuk kami bertiga. Setelah meletakkan semua barang bawaan, kami beristirahat saja. Malam ini kami tidak merencanakan berkunjung kemana-mana karena kami ingin mengembalikan energi kami untuk besok pagi. Kami membersihkan diri dan menikmati makan malam di dalam penginapan. Aku asyik nonton TV, sementara papa dan mama asyik mengobrol mengenai rencana kunjungan kami besok pagi. Papa dan mamaku sebenarnya sudah memiliki rencana perjalanan selama kami berkunjung di Michigan kali ini. Rencana perjalanan ini menjadi petunjuk bagi kami serta memudahkan kami berkegiatan. Seperti biasanya, setiap mau berkunjung ke sebuah tempat, kami akan melakukan persiapan dengan mencari lokasi menginap, mencari lokasi piknik yang direkomendasikan (dasarnya adalah website), mencari aneka informasi terkait lama kunjungan dan seterusnya. Setelah semua informasi kita dapatkan, biasanya papa dan mama akan membuat itinerary (rencana perjalanan) mulai dari hari pertama sampai hari terakhir kami piknik. Dalam itinerary ditulis Day I: nama tujuan, alamat, nomor telepon dan seterusnya. Papaku kadang-kadang juga mencetak map atau peta perjalanan. Map atau peta ini untuk berjaga-jaga seandainya GPS tidak berfungsi. Peta atau map ini penting sekali sebagai GPS kedua. Kalau dalam GPS kita tinggal menset alamat dan GPS akan memberi direction kendaraan musti jalan berjalan kemana (belok kiri, belok kanan, lurus, dsb); cetakan peta secara manual akan memberi petunjuk yang sama. Hanya saja, kita musti membacanya agar tahu persis kapan harus berbelok. Dalam peta secara jelas disebutkan nama jalan, berapa mile jaraknya, di exit nomor berapa kendaraan musti keluar dan seterusnya. Intinya, peta yang dicetak akan memudahkan pengemudi di saat darurat. Selain itu, papa dan mama juga mencetak bukti pemesanan penginapan, sehingga kami tidak perlu memikirkan akan menginap selama di perjalanan, karena kami sudah memesan tempat sebelum kami memulai perjalanan. Sebagai tambahan informasi, kalo kita memesan tempat jauh-jauh hari, harga room yang kita perlu bayar biasanya lebih murah. Ya ... Mengatur perjalanan liburan memang diperlukan agar liburan menjadi menyenangkan. Karenanya, saat kami beristirahat di penginapan, papa dan mamaku biasanya juga mengumpulkan brosur atau buku petunjuk wisata kota setempat. Apabila kita memerlukan panduan, brosur atau buku sangatlah membantu (meski sebelumnya kami sudah mempelajarinya via internet). Setelah rencana untuk besok pagi OK, biasanya mamaku akan mengatur kembali barang-barang yang kami bawa. Semua pakaian kotor dijadikan satu. Semua bekal makanan diperiksa lagi, siapa tahu ada yang sudah habis atau bisa diringkaskan. Semua peralatan mandi dan baju ganti untuk hari berikutnya juga disiapkan. Setelah semua beres, barulah kami tidur dengan nyanyak hehehe ... Gak seperti di rumah, saat dalam perjalanan seperti ini kami akan tidur di jam 10 malam. Kalau di rumah, kami biasanya tidur jam 11 malam atau lebih. Ya ... Kami memang lelah setelah menempuh perjalanan berjam-jam. Karenanya, tidur di penginapan yang nyaman, penting bagi kami untuk mengembalikan energi ... O ya ... Hampir lupa ... Fasilitas apa saja yang kami peroleh di penginapan? Silahkan perhatikan gambar yang diunggah dalam postingan ini ...